Sekda Lepas Kafilah Ketapang Ikuti STQ Tingkat Kalbar di Singkawang

Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) XXV Propinsi Kalimantan Barat dari tanggal 26 April 2019 sampai dengan 03 Mei 2019. Diikuti juga Kafilah Kabupaten Ketapang. Pemberangkatan kafilah Kabupaten Ketapang dilakukan, Jum’at (26 April 2019) dari ketapang menuju Pontianak menggunakan pesawat. Selanjutnya dari Pontianak menuju Kota Singkawang menggunakan bis.

Sebelum berangkat menuju Kota Singkawang, kafilah Ketapang sebelumnya dilepas Bupati Ketapang yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, H.Farhan SE, M.Si di Pendopo Rumah Dinas Bupati Ketapang, Kamis (25/4) malam. Dalampelepasan tersebut diserahkan bendera kafilah oleh Bupati Ketapang yang diwaklili sekda Ketapang kepada ketua kafilah Kabupaten Ketapang, Oka Mahendra S.Pd.
Menurut Ketua Harian LPTQ Kabupaten Ketapang, H.Arifin BA bahwa Kabupaten Ketapang mengikuti sejumlah yang dipertandingkan, termasuk juga pada cabang hafalan hadist. Dilaporkannya, sebelum mengikuti STQ Tingkat Kalimantan barat, pihak LPTQ Ketapang sudah melakukan pelatihan, dan TC. Selain kontingen yang ikut lomba, dalam kafilah Ketapang juga diikutkan tim pendamping dan pemantau.Selain peserta yang berangkat pada hari Jum’at dilaporkan juga beberapa peserta berangkat pada hari Sabtu, karena pada hari jum;at masih ada yang mengikuti ujian nasional.
Selanjutnya Bupati Ketapang yang diwakili Sekretaris daerah Kabupaten Ketapang, H.Farhan SE, M.Si mengharapkan dengan mengikuti STQ tingkat Kalbar dapat meningkatkan kualitas umat dalam meningkatkan dan mewujudkan semangat teloransi antar umat beragama. Nilai-nilai yang baik ini diharapkan akan mewujudkan akhlak yang mulia dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan.
Selain itu, momentum STQ ini diharapkan dapat mempererat ajang silaturahmi bagi peserta . Karena itu, sekda Ketapang berharap STQ dapat mewujudkan masyarakat Kalbar yang berakhlak dan mulia.
Ia berpesan agar para peserta menjaga kesehatan, dan beristirahat yang cukup. Harapannya dengan keikutsertaan Ketapang dapat memperbaiki peringkat dari kegiatan pada tahun sebelumnya.
“Saya yakin peringakat Kabupaten ketapang bisa diperbaiki, karena selama ini persiapan sudah cukup baik yang diselenggarakan LPTQ Kabupaten ketapang,” ujarnya.
Lebih lanjut, ia menegaskan Pemerintah dan Masyarakat berharap dari kegiatan ini, kafilah Ketapang menjadi pemenang dan bisa mewakili Kalbar dalam kegiatan STQ Tingkat Nasional di Pontianak beberapa waktu kedepan. Karena itulah, ia mengharapkan peserta maupun offisoal yang berangkat dapat menjaga kesehatan dengan baik. Begitu juga dengan disiplin, serta mengikuti aturan STQ. “Insya Allah, qoria dan qoriah pulang dalam keadaan sehat pula, tegas Sekda Ketapang seraya melepas secara resmi keberangkatan Kafilah STQ Kabupaten Ketapang.