IDENTIFIKASI KETERSEDIAAN STOCK/PASOKAN BARANG KEBUTUHAN POKOK DAN STABILITAS HARGA MENJELANG PUASA DAN HARI RAYA IDUL FITRI 1440H

Rapat koordinasi identifikasi ketersediaan stock/pasokan barang kebutuhan pokok dan stabilitas harga menjelang puasa dan hari raya idul fitri 1440 H dipimpin oleh Edy Junaidi.S.Sos (staf ahli) dan dihadiri oleh beberapa OPD terkait dan juga para pedagang atau agen sembako di kabupaten ketapang.
Rapat ini merupakan kegiatan rutinitas tiap tahun yang mempertemukan pemerintah daerah, produsen dan distributor, bertujuan menyamakan langkah-langkah dan kesiapan instansi terkait dan pelaku usaha barang kebutuhan pokok, untuk menghindari terjadinya kekurangan stok/pasokan, gangguan distribusi dan aksi spekulasi penimbunan barang kebutuhan pokok secara tidak wajar menjelang puasa dan idul fitri 1440H/2019.
Data dari Dinas Perindagkop kabupaten ketapang bahwa untuk perkiraan harga dalam memasuki bulan puasa dan idul fitri 1440H/2019 relatif ada kenaikan sedikit yaitu pada rempah-rempah, bawang merah/putih, daging ayam, hingga gula. Sedangkan untuk ketersediaan beras, daging sapi, telur, minyak goreng, serta gas LPG, sangat mencukupi hingga memasuki masa lebaran.
Setelah selesai melakukan rapat koordinasi tersebut, Edy Junaidi,S.Sos memimpin survey lapangan guna melakukan interaksi dengan para pedagang dan juga agen-agen sembako agar ketersediaan bahan bahan pokok nantinya tetap tersedia dalam mencukupi kebutuhan masyarakat. Ini merupakan salah satu upaya langkah awal untuk melakukan peninjauan langsung serta mengontrol semua kebutuhan masyarakat menjelang puasa dan hari raya idul fitri 1440H/2019. (hnd)