Launching Aplikasi Layanan Publik (Enggang)

Pemerintah Kabupaten Ketapang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika telah melaksanakan Launching implementasi SPBE lewat aplikasi single windows, guna terwujudnya Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang terpadu dan menyeluruh untuk mencapai birokrasi dan pelayanan publik yang berkinerja tinggi.
Hal ini terungkap dalam acara Laounching Aplikasi Layanan Publik atau yang kita sebut Enggang (Elektronik Government and Public Aplication of Ketapang) yang merupakan aplikasi layanan Pemerintahan dan masyarakat Kabupaten Ketapang. Launching aplikasi Enggang tesebut melalui aplikasi single window yang diresmikan secara langsung oleh Bapak Bupati Ketapang Bapak MARTIN RANTAN, SH,M.Sos, yang didampingi Bapak Ketua DPRD.
Bupati dalam sambutannya mengatakan, saat ini Pemerintah Kabupaten Ketapang sedang giat-giatnya mengangkat Ketapang melalui pelayanan publik yang berbasis IT maupun elektronik. Salah satunya melalui penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) dalam bentuk aplikasi Enggang.
Dan Beliau juga meminta kepada seluruh Perangkat Daerah untuk mengintegrasikan aplikasi yang ada pada Perangkat Daerah khususnya aplikasi layanan public ”Dengan demikian pelayanan publik di Ketapang diharapkan bisa terkoneksi dan terintegrasi semua di seluruh Perangkat Daerah.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kab. Ketapang Bapak Drs.H.Marwannor, MM menjelaskan, pelaksanaan SPBE di instansi pemerintah daerah ditujukan untuk mewujudkan proseskerja yang efisien, efektif, transparan, akuntabel, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik.
Pelaksanaan SPBE ini, sudah diamanatkan melalui Peraturan Presiden RI Nomor 95 tahun 2018 tentang SPBE. Selain itu, Perbup Kab.Ketapang Nomor 44 tahun 2018 tentang pemanfaatan TIK dalam penyelenggaraan pemerintahan.
Kemudian, SK Bupati Ketapang Nomor 398/OR-B/2018, tentang pembentukan Tim Evaluasi Internal SPBE Kabupaten Ketapang.
Terkait aplikasi single window ini adalah sebuah aplikasi berbasis android yang di dalamnya menyediakan layanan berbagai macam-macam sistem informasi atau aplikasi yang dikelompokkan sesuai dengan fungsinya kata Kabid Informatika M.Zuhri, S.Kom,MH.
Tujuan dari aplikasi ini, untuk memberikan kemudahan akses layanan aplikasi maupun sistem informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat atau user. Selain itu, untuk memudahkan dalam melakukan evaluasi, dan mempercepat peningkatan kapabilitas SPBE itu sendiri.
“Kita berharap semoga dalam launching aplikasi ini, kedepannya benar-benar bisa dimanfaatkan dan digunakan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dan saran pendapat dalam pengembangan dan keberlangsungan aplikasi layanan public tersebut.
Aplikasi ini dapat diunduh oleh masyarakat melalui layanan Google Play Store untuk pengguna Android dan Apps Store untuk pengguna IOS Apple.
Diskominfo Kab.Ketapang