KPU Gelar Sosialisasi Pemilu 2019 Bagi Tokoh Masyarakat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Ketapang menggelar sosialisasi pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2019 bagi tokoh masyarakat. Sosialisasi dilakukan di Hotel Aston Ketapang, Sabtu (6 April 2019) pagi hari yang dibuka Bupati Ketapang diwakili staf ahli Bupati Ketapang, Edi Junaidi S.Sos.
Menurut Edi Junaidi bahwa Kabupaten Ketapang merupakan salah satu kabupaten terluas di Kalimantan Barat. Luasnya wilayah Kabupaten Ketapang menjadi tantangan bagi kita dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Kabupaten Ketapang yang dicintai ini. “Terlebih saat kita sedang dalam masa-masa pemilu”, tegas Edi Junaidi.
Ia mengharapkan adanya kerjasama yang baik dan berkelanjutan demi mewujudkan Bhineka Tunggal Ika
dan mencegah konflik sosial yang timbul dari suasana menjelang pemilu ini. Kemudian, keberhasilan
pelaksanaan pemilu di Kabupaten Ketapang ini merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan
Pemerintah Kabupaten Ketapang dalam kehidupan masyarakat yang majemuk.
Diterangkannya, sosialisasi pemungutan dan penghitungan suara pada pemilu tahun 2019 yang akan disampaikan oleh KPU bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada kita semua terkait tata cara pelaksanaan pemilu 2019 terutama pada saat pemungutan dan penghitungan suara. Pada pemilu
kali ini, tidak hanya akan melaksanakan pemilihan presiden, tetapi kita juga akan melaksanakan Pemilu serentak dengan pemilihan DPR-RI, DPD-RI, DPRD Provinsi Kalimantan Barat dan DPRD Kabupaten Ketapang.
Oleh karena itu, kemungkinan terjadinya kesalahan-kesalahan bahkan Kecurangan-kecurangan pada saat pemungutan dan penghitungan suara sangat rentan terjadi. “Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan kita semua dapat mengatasi segala permasalahan tersebut,”katanya.
Pelaksanaan pemilu bukanlah sesuatu yang baru. Maka dari itu, berdasarkan pengalaman sebelumnya sudah seyogyanya kita bisa lebih mampu untuk menyukseskan pemilu yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 nanti. Pemilu yang akan dilaksanakan pasti tidak akan terlepas dari proses pemungutan dan penghitungan suara. Dengan adanya sosialisasi ini
besar harapan bahwa pelaksanaan pemilu yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 april 2019
nanti akan terlaksana dengan baik sesuai dengan prosedur yang berlaku, dan pemilu yang akan dihadapi ini akan lebih baik dari pemilu-pemilu sebelumnya.
Ia menghimbau kepada para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan para akademis yang hadir pada acara sosialisasi pada hari ini . bersama dengan masyarakat agar dapat mengawal masa-masa menjelang pemilu sampai pada hari pelaksanaan pemilu, sehingga pemilu yang akan kita laksanakan bersama dapat terlaksana sebagaimana yang akan diharapkan. Tidak lupa, ia mengucapkan terima kasih dan selamat kepada KPU Kabupaten Ketapang yang sudah menyiapkan acara sosialisasi ini dan sekaligus menjadi narasumber pada acara sosialisasi ini. Staf ahli Bupati Ketapang berharap sosialisasi ini dapat memberikan pengetahuan baru kepada Kita untuk dapat mengawal penyelenggaraan pemilu ini nanti dapat terlaksana dengan baik. “Semoga tuhan yang maha esa selalu memberikan bimbingan kepada kita semua dalam melaksanakan pengabdian kepada bangsa dan negara. Maka dari itu, sosialisasi pemungutan dan penghitungan suara oleh KPU Kabupaten Ketapang resmi saya buka”, tuntasnya.